Rabu, 02 Mei 2012

Tugas perkembangan siswa SD , SMP , SMA


 Tugas-tugas perkembangan siswa sesuai dengan tahap perkembangannya berdasar hasil penelitian untuk Disertasi Doktor 5 orang mahasiswa S3 Program Studi Bimbingan dan Konseling PPs IKIP Bandung tahun 1998, adalah sebagai berikut:
Tugas-tugas perkembangan anak usia Sekolah Dasar (SD):
1. Menanamkan sikap dan kebiasaan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2. Mengembangkan kata hati, moral, dan nilai-nilai sebagai pedoman berperilaku.
3. Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
4. Mempelajari keterampilan fisik sederhana yang diperlukan untuk permainan dan kehidupan
5. Belajar, bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya
6. Belajar menjadi pribadi yang mandiri
7. Membangun sikap hidup yang sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan
8. Mengembangkan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
9. Belajar menjalankan peran sosial sesuai dengan jenis kelamin
10. Memiliki sikap positif terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial (Ahman, 1998:51-59)
Tugas-tugas perkembangan anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP):
1. Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha esa
2. Memperoleh perangkat nilai sebagai pedoman berperilaku
3. Mencapai kemandirian emosional
4. Mengembangkan keterampilan intelektual
5. Berperilaku sosial yang bertanggung jawab
6. Mencapai peran sosial sebagai pria/wanita
7. Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
8. Mencapai kemandirian perilaku ekonomis
9. Memiliki wawasan persiapan karir
10. Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita (Soeharto, 1998:32-34)
Tugas-tugas perkembangan anak usia Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK):
1. Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2. Mencapai hubungan sosial yang lebih matang dengan teman sebaya
3. Memiliki peran sosial sebagai pria dan wanita
4. Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
5. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
6. Mencapai kemandirian perilaku ekonomis
7. Memiliki pilihan dan persiapan untuk suatu pekerjaan
8. Memiliki persiapan untuk perkawinan dan hidup berkeluarga
9. Memiliki keterampilan intelektual dan konsep yang diperlukan sebagai anggota masyarakat yang baik
10. Memiliki perilaku sosial yang bertanggung jawab
11. Memiliki seperangkat nilai dan sistem etis sebagai pedoman berperilaku (Juntika Nurihsan, 1998;80-84)
Tugas-tugas perkembangan anak usia Perguruan Tinggi (PT):
1. Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2. Memperoleh perangkat nilai sebagai pedoman berperilaku
3. Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
4. Mencapai peran sosial sebagai pria/wanita
5. Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
6. Memiliki perilaku sosial yang bertanggung jawab
7. Memiliki keterampilan intelektual
8. Memiliki kemandirian emosional
9. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
10. Memiliki kemampuan memilih dan mempersiapkan pekerjaan
11. Memiliki sikap positif terhadap pernikahan dan hidup berkeluarga
12. Memiliki kriteria calon pasangan hidup yang sesuai dengan keadaan dirinya
13. Menemukan kelompok sosial yang bermakna (Dwi Yuwono PS, 1998:98-114)
Oleh : Prof. Dr. Soeharto, M.Pd. Hand-out Mata Kuliah BK Perkembangan. 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar