Rabu, 02 Mei 2012

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


Sub Tugas Perkembangan

Mencapai Perkembangan Diri Sebagi Remaja Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa


Nama Sekolah
:
SMA Negeri XX Pringsewu
Kelas/Semester
:
 XI
Tahun Pelajaran
:
2011/2012



A.
Rumusan Kompetensi
:
Memahami Secara Lebih Luas Dan Mendalam Kaidah-Kaidah Ajaran Agama Yang Dianutnya
B.
Topik/Materi
:
Memahami Kebiasaan Hidup Rendah  Hati  Sebagai Umat Beragama
C.
Bidang Bimbingan
:
Bimbingan Pribadi
D.
Jenis Layanan
:
Informasi
E.
Fungsi Layanan
:
Pemahaman
F.
Model/Metode/Pendekatan
:
Metode Ceramah dan Diskusi
G.
Uraian/Langkah Kegiatan
:
1.     Tahap Pembentukan:
a.     Mukadimah
b.    Berdoa
c.     Apersepsi
2.     Tahap Peralihan:
a.     Mengecek kesiapan anggota untuk kegiatan lebih lanjut
b.    Mengenali suasana
c.     Memberi contoh topik bahasan yang dikemukan dan dibahas dalam kelompok
3.     Tahap Kegiatan (Topik Tugas):
a.     Menyampaikan pengertian rendah hati
b.    Membedakan rendah hati dengan rendah diri
c.     Menjauhkan diri dari sikap sombong
d.    Menjelaskan pentingnya topik yang akan dibahas
e.     Pembahasan topik secara tuntas oleh kelompok
f.     Selingan (Cerita inspiratif)
4.     Tahap Pengakhiranan:
  1. Melakukan evaluasi
  2. Membahas kegiatan lanjutan.
  3. Doa
H.
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang kelas
I.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
J.
Pihak yang disertakan
:
Siswa
K.
Alat dan perlengkapan
:
LCD Projector, Laptop dan sound sistem
L.
Rencana Penilaian
:
Laiseg (Penilaian hasil dan proses)
M.
Rencana Tindak Lanjut
:
Jika ada siswa yang KES-T akan di lakukan konseling individu
N.
Catatan Khusus
:








Pringsewu, .......................................


Kepala Sekolah




........................................
NIP
Guru Pembimbing




.......................................
NIP

Tugas perkembangan siswa SD , SMP , SMA


 Tugas-tugas perkembangan siswa sesuai dengan tahap perkembangannya berdasar hasil penelitian untuk Disertasi Doktor 5 orang mahasiswa S3 Program Studi Bimbingan dan Konseling PPs IKIP Bandung tahun 1998, adalah sebagai berikut:
Tugas-tugas perkembangan anak usia Sekolah Dasar (SD):
1. Menanamkan sikap dan kebiasaan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2. Mengembangkan kata hati, moral, dan nilai-nilai sebagai pedoman berperilaku.
3. Mengembangkan keterampilan dasar dalam membaca, menulis dan berhitung
4. Mempelajari keterampilan fisik sederhana yang diperlukan untuk permainan dan kehidupan
5. Belajar, bergaul dan bekerja dalam kelompok sebaya
6. Belajar menjadi pribadi yang mandiri
7. Membangun sikap hidup yang sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan
8. Mengembangkan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
9. Belajar menjalankan peran sosial sesuai dengan jenis kelamin
10. Memiliki sikap positif terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial (Ahman, 1998:51-59)
Tugas-tugas perkembangan anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP):
1. Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha esa
2. Memperoleh perangkat nilai sebagai pedoman berperilaku
3. Mencapai kemandirian emosional
4. Mengembangkan keterampilan intelektual
5. Berperilaku sosial yang bertanggung jawab
6. Mencapai peran sosial sebagai pria/wanita
7. Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
8. Mencapai kemandirian perilaku ekonomis
9. Memiliki wawasan persiapan karir
10. Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita (Soeharto, 1998:32-34)
Tugas-tugas perkembangan anak usia Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK):
1. Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2. Mencapai hubungan sosial yang lebih matang dengan teman sebaya
3. Memiliki peran sosial sebagai pria dan wanita
4. Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
5. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
6. Mencapai kemandirian perilaku ekonomis
7. Memiliki pilihan dan persiapan untuk suatu pekerjaan
8. Memiliki persiapan untuk perkawinan dan hidup berkeluarga
9. Memiliki keterampilan intelektual dan konsep yang diperlukan sebagai anggota masyarakat yang baik
10. Memiliki perilaku sosial yang bertanggung jawab
11. Memiliki seperangkat nilai dan sistem etis sebagai pedoman berperilaku (Juntika Nurihsan, 1998;80-84)
Tugas-tugas perkembangan anak usia Perguruan Tinggi (PT):
1. Memiliki sikap dan perilaku beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
2. Memperoleh perangkat nilai sebagai pedoman berperilaku
3. Menerima keadaan diri dan menggunakannya secara efektif
4. Mencapai peran sosial sebagai pria/wanita
5. Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
6. Memiliki perilaku sosial yang bertanggung jawab
7. Memiliki keterampilan intelektual
8. Memiliki kemandirian emosional
9. Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
10. Memiliki kemampuan memilih dan mempersiapkan pekerjaan
11. Memiliki sikap positif terhadap pernikahan dan hidup berkeluarga
12. Memiliki kriteria calon pasangan hidup yang sesuai dengan keadaan dirinya
13. Menemukan kelompok sosial yang bermakna (Dwi Yuwono PS, 1998:98-114)
Oleh : Prof. Dr. Soeharto, M.Pd. Hand-out Mata Kuliah BK Perkembangan. 2010.